Game Design Concept
Definisi
Game Design Concept merupakan bahasa terjemahan dari Konsep desain permainan, atau bias
disebut juga Perancangan konsep permainan. Secara garis besar definisinya adalah suatu proses
pengembangan atau perancangan dalam membangun sebuah skenario seperti desain gameplay, karakter atau tokoh,
lingkungan, selama tahap produksi game tersebut.
Perancang game bias disebut juga
sebagai sutradara pada sebuah film, karena membutuhkan skenario dan adegan yang
dibintangi oleh masing-masing karakter pada game
tersebut. Game design concept
merupakan pembuatan alur game sama saja seperti membuat alur sebuah film,
banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi game tersebut menjadi terkenal,
nanti akan kita bahas pada poin-poin berikutnya. Perancang Game terdiri atas,
dibawah ini :
·
Pemimpin
Desainer, merupakan seorang yang
menggerakan konsep game tersebut menjadi lebih menarik, yang membuat game
tersebut mempunyai nilai artistic.
·
Game mechanic
designer, seorang yang membuat aturan-aturan dalam permainan, sehingga
permainan tersebut tidak berat sebelah atau seimbang.
·
Tingkat Desainer
atau Lingkungan Desainer adalah orang yang brtanggung jawab dalam membuat
lingkungan permainan, agar permainan atau game menjadi lebih real seperti game
yang berbasis tiga dimensi.
·
Penulis atau
Writter adalah seorang yang mempunyai narasi dalam game tersebut dari setiap
alur cerita, apa yang harus dilakukan pemain dalam memainkan game tersebut.
Penulis harus bekerja sama dalam pembuatan skenario game dengan desainer utama.
Faktor-faktor yang dapat membuat Game menjadi terkenal
Terdapat banyak faktor
yang dapat membuat sebuah game menjadi terkenal, kita akan bahas secara umum
saja dalam bahasan yang satu ini. Poin-poinya adalaha sebagai berikut.
1.
Gameplay
Apa sih
yang dimaksud dengan “Gameplay ??”,
berdasarkan arti darinya gameplay adalah memainkan permainan, tapi bisa
didefiniskan menjadi interaksi antara user
dengan sebuah game yang akan dimainkan yang berkenaan dengan aturan bermain
game, apa saja yang harus dipenuhi dalam permainan terswebut, dan lain-lain.
Contoh gameplay banyak pada setiap game, contohnya pada game streetfighter yang
menggunakan aturan bermain dengan cara Tag team, combo counter attack dan
lain-lain, pada Game Resident Evil melakukan pemecahan puzzle secara logis juga
bias disebut gameplay, bahkan dalam game mobil seperti gran turismo control steering mobil, jenis-jenis perlombaan, area
lomba dan lain-lain bias juga disebut gameplay. Jadi dapat disimpulkan bahwa
gameplay adalah penilaian pemain dalam game tersebut.
2. Alur Cerita
Alur
cerita dalam sebuah game sangat mempengaruhi sebuah game terhadap penilaian
seorang pemain, alur cerita ini dikerjakan oleh seorang penulis game tersebut,
yang telah dibahas pada paragraph
pertama. Alur cerita yang bagus dalam sebuah game menjadi menarik ketika
terdapat adegan-adegan yang membuat pemain tidak bias menebak game tersebut.
Ini adalah contoh alur cerita single game yang terdapat poin-poin nya.
·
Tree Of Hell, alu
game yang ini membuat auatu alur yang berbeda pada setiap pilihan permainan
·
Death Trap, game
disini mempunyai jebakan-jebakan yang mengakibatkan game tersebut berakhir,
atau kembali lagi pada tempat check point.
·
Jam pasir, alur
yang ini menawarkan banyak pilihan permainan atau karakter dalam game tersebut,
tetapi mempunyai ending yang sama. Contohnya : Golden Axe 3
·
Urutkan Sendiri
Dunia-duniaku, mempunyai alur yang bebas dalam pemilihan scene, tiap secne
mempunyai cerita sendiri-sendiri. Contohnya Megaman, Rockman.
·
Pilih dan Ikuti,
game disini mengikuti alur dari karakter tiap tokoh dalam game serta sudut
pandangnya dalam karakter tokoh tersebut. Contohnya : Mortla Kombat, tekken,
dan lain-lain.
·
Transisi, game
berjalan dengan cerita linear, dan setiap lanjut level dan menang dari level
sebelumnya, akan dihadiahi dengan video transisi atau cutscsene cerita.
Contohnya : Street of Range
3. Karakter
Karakter
setiap game berbeda-beda, contohnya karakter dari game Ninja Gaiden yaitu Ryu Hayabusha
yang menjadi jagoan atau tokoh utama dalam game tersebut. Karakter Ryu
mempunyai sifat yang garang, penolong dan pembunuh sadis. Disini terdapat
jenis-jenis karakter pada game yang bisa seperti layaknya kkarakter manusia
semestinya, yaitu : Pemarah , sabar, ceria, pemaaf dan bijaksana.
4. History atau
Sejarah
Game yang
unik pasti mempunyai sejarah yang unik, contoh nya adalah Game pokemon yang
berasal dari film bisa menjadi sebuah game yang cukup banyak diminati oleh
banyak orang. Berikut secara sekilas akan kita bahas.
·
Awal karir
Tajiri
Satoshi yang mendirikan game tersebut dibilang sebagai game freak, dia dibantu
dengan seorang illustrator Ken Sugimori, ia membuat game untu Game Boy yang
bisa dihubungkan dengan cable, lalu ia membuat game berna Capsule Monster.
Mengalami kegagalan yang sering terjadi da penolakan oleh Nintendo, dibuatlah
game dengan merk dagang baru, yaitu ‘Pocket Monster”/
·
Sesudah dirilis
Dirilis
pada emulator Game Gameboy pada 27
Februari 1996 yang memperbolehkan permainan tersebut kesemua kalangan usia, dan
game tersebut dalam cerita nya melatih berbagai macam pokemon. Game Pokemon ini
berhasil dijadikan Anime atau film Animasi, dan dibuatlah game yang berdasarkan
pada kisah animasi tersebut. Dimana user bisa memainkan tokoh Ash sebagai
karakternya.
·
Sekarang
Pada
tanggal * Januari 2013, Nintendo akan terus mengatakan bahwa game pokemon
generasi baru akan dating yang menjadi era baru bagi pokemon, dengan Pokemon X
dan Pokemon Y, yang akan direncanakan akan dirilis pada bulan oktober tahun
2013, pada platform Nintendi DS.
Sumber :
http://www.tahupedia.com/content/show/121/Sejarah-dan-Asal-Mula-Dari-Game-Pokemon#sejarah
Post yang bagus.
BalasHapusJangan lupa mampir2 yah bro 154gaming.blogspot.com
Nice info. Makasih min! :)
BalasHapus