Selasa, 07 Januari 2014

Kiat-kiat dalam menerima panggilan kerja

Pekerjaan pada umumnya kebutuhan yang sangat vital bagi semua orang pada umumnya, karena dengan bekerja orang tersebut akan mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Sebagai mahasiswa apa sih yang akan dicari ketika saat nanti lulus mendapat gelar Sarjana, pastilah yang akan dicari adalah pekerjaan, mungkin ada beberapa dari teman-teman mahasiswa yang lebih memilih membuka usaha sendiri, dibandingkan melamar pekerjaan diluar. Banyak bafi para lulusan yang inginmelamar sekaligus mendapatkan pekerjaan diperusahaan yang besar sehingga untuk mendapatkan gaji yang besar, seperti Perusahaan yang bergerak pada bidang Telekomunikasi Indosat, Telkomsel dan lain-lain. Dalam melamar pekerjaan, banyak kiat-kiat yang dipakai agar berhasil untuk lolos dalam seleksi. Oleh sebab itu ada kiat-kiat yang akan digunakan dalam menghadapi panggilan kerja atau interview, yang pasti harus disiapkan adalah kematangan seseorang dalam berbicara agar lolos dalam tahap tersebut.
Ini adalah kiat-kiatnya
1.     Menyiapakan semua keperluan yang dibutuhkan sehari sebelum berangkat untuk panggilan kerja. Yang harus disiapkan adalah hal-hal yang berhubungan dengan perlengkapan pekerjaan seperti kendaraan atau kendaraan umum yang akan dinaiki yang menuju lokasi kerja, alat-alat tulis, berkas-berkas, dan doa orang tua.
2.     Datang satu jam sebelumnya dilokasi tempat pekerjaan, hal ini untuk mencegah terjadinya keterlambatan waktu tiba, HRD akan tidak senang menghadapi pelamar yang datang telat dan hal ini merupakan kesalahan fata bagi para pelamar apabila datang tidak tepat waktu. Sedangkan pelamar yang datang lebih awaldari jam ditentukan, menunjukan bahwa pelamar tersebut memang serius dalam mencari pekerjaan. Kita tidak akan tahu kejadian apa yang akan terjadi dalam perjalanan, jadi usahakan berangkat lebih awal dalam panggilan kerja.
3.     Merapihkan diri saat sampai dilokasi panggilan kerja, masih ada beberapa menit untuk menyiapkan diri. Pelamar jangan sampai terlihat berpakaian berantakan, rapihkan dulu ditoilet selagi ada jeda waktu. Rapihkan rambut dengan cara menyisir dengan rapih, cuci muka agar tidak terlihat kotoran yang menempel pada wajah, usahakan muka terlihat lebih fresh dan tidak ada mata sembab, karena kerapihan merupakan penilaian yang sangat penting.
4.     Senyapkan Alat komunikasi jangan sampai kita menerima panggilan telepon ketika sedang menghadapi HRD atau pimpinan perusahaan, anggaplah waktu tersebut adalah waktu yang genting dan tidak boleh diganggu oleh pihak manapun agar kita bisa konsentrasi menjawab pertanyaan bapak/ibu HRD.
5.     Hadapi HRD dengan tenang ketika berhadapan dengan HRD, kita wajib bersalaman sambil mengucapkan nama kita. senyum harus selalu terlukis di bibir kita untuk menunjukkan betapa ramahnya kita kepada orang yang belum kita kenal betul. pergerakan badan kita tidak boleh kaku, anggaplah orang yg ada didepan kita adalah teman lama namun jangan sampai kita banyak bicara ataupun berkata yang tidak sopan.
6.     Nego Gaji wah ini hal yang paling penting karena tujuan kita bekerja ya gaji, bukan karena pacar atau gebetan berada diperusahaan tersebut. apabila kita ditanya berapa gaji yang kita inginkan, jangan sekali-kali kita berucap “terserah bapak atau ibu saja”, kebanyakan perusahaan menyukai orang yang memiliki nilai jual, jangan pernah takut tawaran kita terlalu besar namun kita juga harus mesti tahu harga yang pas buat lulusan baru yg belum punya pengalaman bekerja. gaji tiap-tiap perusahaan itu berbeda-beda dan janganlah membandingkan perusahaan tersebut dengan perusahaan lain. gaji awal untuk lulusan baru yang belum mempunyai pengalaman memang terlihat kecil tetapi hal itu akan cepat meningkat seiring dengan kinerja kerja kita diperusahaan tersebut. HRD akan memberikan pilihan, gaji mentok dari hasil tawar menawar atau kita urung melanjutkan niat untuk bekerja diperusahaan tersebut.

Itulah kiat-kiat yang dapat saya sampaikan, semoga kiat-kiat tersebut dapat bermanfaat bagi kita sebagai mahasiswa semester akhir ini untuk menyiapkan bagaimana menghadapi panggilan kerja. Goodluck.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar